Saturday, May 8, 2010

Dasar-Dasar Coreldraw

1. Freehand Tool
Fasilitas Freehand Tool ini memiliki fungsi untuk membuat sebuah ilustrasi garis. Anda dapat membuat sebuah garis lurus ataupun abstrak seperti menggunakan pensil biasa. Untuk membuat sebuah illustrasi garis abstrak Anda hanya tinggal meng-klik mouse dan menggerakkannya sedangkan untuk membuat ilustrasi garis lurus klik kanan mouse sekali lalu pindahkan pointer ke posisiyang Anda inginkan. Untuk membuat sebuah objek tertutup dengan Freehand temukan ujung garis awal dan ujung garis terakhir. Objek tertutupakan terbukti bila objek itu dapat di beri warna.
2. Editing Curve
Shape Tool Merupakan sebuah fasilitas pengeditan kurva yang dikelompokan dalam Shape Edit Flyout. Dengan fasilitas ini Anda dapat melakukan proses pengeditan kurva dengan mengatur Control Point pada kurva.
Sekarang Anda akan mengenal salah satu property bar untuk proses pengeditan kurva. Dengan fasilitas ini, Anda dapat melakukan manipulasi pada Curva. Shaping Tool memiliki Propert Bar tersendiri. Dengan fasiliats ini Anda dapat melakukan pengeditan objek kurva. Anda dapat juga menampilkan edit curve pada saat meng-klik kanan mouses pada objek kurvayang sedang diedit.
3. Convert to Curve
Fasilitas ini berfungsi untuk mengubah shape drawing (kotak, lingkaran, text menjadi kurva.Tanpa melakukan proses ini maka objek (kotak, lingkaran , text) tidak dapat diedit. Untuk mengubah objek menjadi sebuah objek kurva lakukan langkah dibawah ini.
1. Buat objek dari rectangle (kotak) ellipse.
2. Seleksi objek dengan Pick Tool.
3. Klik Arrange > Convert to Curve (Ctrl+Q).
4. Duplikasi dengan mouse
Duplikasi dengan mouse adalah sebuah cara cepat untuk melakukan proses penggandaan sebuah objek. Anda tinggal menduplikasi satu objek pertama, selanjutnya Anda gunakan Ctrl + R ( Edit > Repeat) untuk mengulang penduplikasianyang pertama. perhatikan ilustrasi gambar dibawah ini.
5. Rectangle Tool
Fasilitas ini berfungsi untuk membuat sebuah objek kotak . Untuk membuat objek kotak yang sama presisi gunakan tombol shift saat mendrug. Di dalam Property barnya terdapat Corner Roundness berfungsi merubah sudut Rectangle. Untuk merubah seluruh sudut rectangle pilih Icon gembokyang berada disisi kanan kotak angle.
6. Ellipse Tool
Untuk menggunakan sebuah lingkaran penuh atau setengah lingkaran dalam CorelDraw X3 gunakan Ellipse Tool pada Toolbox. Dalam Property Bar lingkaran Anda dapat memilih bentuk lingkaran yang akan dibuat.
7. Spiral Tool
Fasilitas ini berfungsi untuk membuat sebuah ilustrasi objek berbentuk spiral. Fasilitas ini tergabung pada object Flyout. Untuk mengatur banyaknya spiral anda dapat mengaturnya dalam Property Bar.
8. Text Tool
Text Tool merupakan satu-satunya fitur yang mempunyai fungsi untuk membuat sebuah text. Text dalam CorelDRAW biasanya terbagi dua bagian yaitu :
1. Artistic text
2. Paragraf text
Dalam CorelDRAW X3, teks adalah bagian yang memungkin untuk dilakukan pengeditan dalam membuat sebuah desain. Teks dalam CorelDRAW X3 mampu melakukan perubahan warna (fill, stroke (garis,line) dan berbagai macam manipulasi dan pengeditan.
9. Interactive Drop Shadow Tool
Drop Shadow adalah fasilitas atau tool untuk memberika efek bayangan pada objek desain. Dalam pemberian efek, Drop Shadow menggunkan lima perspektif yaitu Flat, Right, Left, Bottom, dan Top. Drop Shadow dapat diterapkan pada artistic text, paragraf text, bitmap, dan objek-objek hasil manipulasi lainnya.
dari objeknya. Unutk membuat objek drop shadow Independent menjadi sebuah objek tersendiri lakukan klangkah dibawah ini :
1. Klik objek yang telah diberi efek Drop Shadow
2. Klik menu Arrange > Break Apart Drop Shadow Group Apart.
10. Interactive Transparancy Tool
Transparansi sering digunakan untuk menimbulkan efek transparan. Caranya dengan mengatur nilai transparency (opacity). Fasilitas ini menghasilkan objek dibelakang terlihat.
Tranparansi dapat digunakan dalam berbagai macam bentuk dan tipe, seperti Uniform, Fountain, Texture, dan Pattern yang nantinya masing-masing tipe transparansi memiliki pengembangan selanjutnya.
Secara otomatis, tranparansi pada CorelDRAW akan diatur pada mode All, artinya yang akan terkena pengaruh transparansi bukan hanya outline-nya saja tetapi juga fill-nya (objek dalam garis). Anda dapat memilih salah satu dari tiga mode tersebut, Fill, Outline, dan All.
Transparansi dapat digunakan dalam beberapa tipe transparansi. Pemilihantipe transparansi akan menentukan kualitas desain. Opsi akan muncul setelah Anda mengaktifkan efek tranparansipada sebuah objek.
11. Fountain Fill
Fasilitas pewarnaan ini memungkinkan Anda memberikan pewarnaan yang lebih atraktif. Pada Kotak dialog Fountain Fill terdapat dua pilihan pembentukan warna (Color Blend), Two Color (dua warna) dan Custom (Modifikasi, lebih dari 2 warna).
Untuk penggunaaan dua warna (Two color) Anda dapat memilih warna yang Anda inginkan dengan hasil gradasi antara kedua warna tersebut.
Sementara untuk penggunaaan dua warna Custom (Modifikasi, lebih dari 2 warna) Anda dapat memilih lebih dari 2 warna yang Anda inginkan.
Pilihan warna pada Custom terdapat tombol tempat menentukan dan memposisikan warna yang Anda inginkan. Pada custom color warna bisa lebih dari lima warna dalam satu objek.
Pilihan Angle untuk memposisikan bentuk arahan warna pada objek. Angle 90 menunjukan objek horizontal, sementara Angle 0 menunjukan vertical
12. Align and Disturb
Fasilitas ini berfungsi untuk melakukan perataan objek. Untuk mengaktifkan ini klik Arrange>Align and Distribute.
Anda juga dapat mengaktifkan fasilitas ini dari property bar, dengan sayarat dua objek terseleksi.
Sebelum menjalankan fasilitas ini Anda harus menyeleksi objek-objek yang akan Anda atur, lalu pilih klik Arrange>Align and Distribute. Tentukan perintah yang Anda inginkan. Rata kanan, kiri atau rata tengah. Anda juga cukup menekan karakter pada keyboard atas perintah yang Anda inginkan Align Right (R), Align Left (L), Align Top (T) dan seterusnya. Perhatikan gambar dibawah ini.
13. Trim
Fasilitas Trim ini berfungsi mendapatkan objek hasil dari persinggungan antara dua objek dengan cara memotong garis persinggungannya. Fasilitas ini dapat dijalankan ketika Anda menyeleksi dua objek yang saling bersinggungan. Untuk
Anda juga dapat memanfaatkan Shaping Object dari Property Bar
14. Weld
Weld adalah sebuah fasilias untuk menyatukan dua objek yang berbeda menjadi satu bagian objek baru. Teknis penyatuannya sama dengan fasilitas Trim, kedua objek diseleksi sebelumnya lalu aktifkan fasilitas weld. Untuk mengaktifkan weld klik Arrange> Shaping> Weld.
15. Intersect
Intersect adalah sebuah fasilias untuk menghasilkan sebuah objek baru dari dua objek yang saling bersinggungan. Teknis penyatuannya sama dengan fasilitas Trim dan welding, kedua objek diseleksi terlebih dahulu, klik Arrange> Shaping> Intersect.
Perhatikan objek hasil dari proses Intersect. Persinggungan antara kotak dan lingkaran, maka akan terbentuk objek baru mengikuti persinggungan kedua objek.
16. No Outline
Fasilitas ini berfungsi untuk menghilangkan garis pada sebuah objek. Untuk menghilngkan garis Anda dapat menggunakan fasilitas No outline pada outline flyout.
Anda juga dapat menghilangakan garis dari sisi warna dengan cara mengklik objek silang pada palet warna tetapi dengan meng-klik kiri mouse.
17. Order Object
Fasilitas ini untuk meletakan sebuah objek yang kita inginkan, dibelakang atau didepan. Anda juga dapat menggunakan Ctrl + Page Up atau Ctrl + Page Down. Untuk mengakses fasilitas ini Klik Arrange > Order. Anda juga dapat menampilkan fasilias ini dengan cara mengklik kanan objek yang tengah aktif lalu klik order.
18. Power Clip
Powe Clip adalah sebuah fasilitas untuk memasukan objek pada objek lain. Pada fasilitas ini Anda akan mengenal;
• Contain. Isi (objek) yang masuk dalam objek lain.
• Container. Adalah wadah dimana isi (objek) masuk didalamnya.
• Edit Contain. Proses pengeditan Isi (objek) yang ada dalam container
Ilustrasinya begini, Anda memasukan sebuah benda (contain) ke dalam sebuah toples (Container) dan di dalam toples Anda merapihkan atau menata benda tersebut (edit contain). Artinya benda Adalah Contain, sedangkan toples adalah container-nya dan peroses penataan benda didalam toples adalah Edit Contain.
Untuk mempraktekan Power Clip, pilih terlebih dahulu objek yang akan dimasukan ke dalam Conainer, lalu Klik Effect >Power Clip>Place Inside Container. Arahkan panah hitam pada Container.
Ketika objek telah berhasil masuk, maka tampilan akan di bawa ke dalam Container. Tandanya bahwa sekarang Anda ada dalam Container adalah ada garis tipis objek container (lingkaran). Selain itu di sudut kiri bawah akan tampil tombol Finish Editing Object.
Untuk mengakhiri proses pengeditan klik Finish Editing Object atau Effect >Power Clip> Finish Editing This Level
19. Convert Outline to Object
Fasilitas ini berfungsi untuk merubah objek line (garis) menjadi sebuah objek kurva. Untuk mengilustrasikan fungsi ini aktifkan sebuah objek garis lalu pilih Arrange > Convert Outline to Object atau dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Q.
20. Envelope
Envelope adalah sebuah faslitas yang berkerja untuk pengeditan teks. Dengan fasilitas ini, Anda dapat membuat sebuah bentuk objek teks yang dapat dimodifikasi sesuai bentuk kurva. Kebebasan membentuk sebuah objek dapat diperluas dengan adanya tool-tool yang biasa digunakan untuk pengeditan kurva. Untuk mengaktifkan fasilitas ini klik Effect > Envelope atau dengan menekan Ctrl + F7.

No comments:

Post a Comment